Ketika Kambing Berdamai dengan Singa

Alkisah, Jono dan istrinya pergi ke kebun binatang, lalu melihat sesuatu yang menarik di sebuah kandang. Di situ terlihat seekor kambing yang tinggal bersama dengan seekor singa di dalam sebuah kandang. Tampak si kambing dengan santai makan daun-daunan yang sudah disiapkan di keranjang, sementara singa dengan tenang sibuk dengan aktivitasnya sendiri.

Melihat hal itu, istri Jono berkata, "Lihat Pa, apa Papa gak sadar, setiap kali kita ke sini, itu adalah sebuah pelajaran bagi kita, di mana makhluk hidup bisa berdampingan dan berdamai meskipun secara hukum alam seharusnya bermusuhan, karena salah satunya merupakan pemangsa yang lain."

Jono juga melihat dengan takjub, "Betul, Ma. Papa juga baru menyadari sekarang, ini sebuah pelajaran bagaimana kita juga bisa berdamai dengan keadaan, sakit penyakit, ancaman lain, yang bisa membahayakan hidup kita."

Tak jauh dari mereka, ada petugas kebun binatang sedang melakukan perawatan rutin di kandang itu, lalu Jono bertanya, "Mas, siapa yang melatih singa ini kok bisa seperti itu?"

Petugas menjawab, "Kami tidak melatih dan tidak melakukan apapun."

Jono penasaran, lalu bertanya, "Lalu bagaimana kok setiap kami ke sini, singa dan kambing ini baik-baik saja? Apa rahasianya?"

Petugas menjawab, "Oh, itu ya. Jadi begini, setiap pagi sebelum membuka kebun binatang ini untuk umum, kami membersihkan kandang, dan tulang belulang kambing yang kemarin kami bersihkan, lalu kami isi ulang dengan kambing baru..."

Sent by: e-ketawa posted on 15 May 2020