Menghitung Agar Bisa Tidur

Ada seorang pasien sering-sering mengalami gangguan tidur, kadang-kadang berturut-turut selama beberapa hari tak bisa tidur, sehingga dirinya merasa sangat menderita. Maka itu ia memutuskan pergi berobat ke rumah sakit.

Dokter memberi beberapa butir obat penenang untuk dirinya, namun hasilnya tidak nyata. Selanjutnya sang dokter mengusulkan: "Begini saja, Pak. Mulai malam ini sebelum tidur Bapak boleh coba bertahan menghitung angka. Hitunglah dari angka 1 sampai 3000. Hasilnya bagaimana, beberapa hari lagi Bapak boleh mencariku."

Sesudah lewat beberapa hari, keadaan pasien itu tetap tak begitu baik. "Dok, aku masih tetap tak bisa tidur dengan baik. Aku sudah bertahan menghitung angka seperti apa yang Bapak katakan. Sekali, saat aku menghitung sampai angka 1896, aku benar-benar ngantuknya bukan main dan tidak mampu menghitungnya lebih lanjut, maka itu aku pun segera menyeduh secangkir air teh untuk membangkitkan semangatku kembali, akhirnya aku baru berhasil menghitung habis sampai angka 3000. Tetapi dengan demikian, aku jadi tak bisa tidur lagi, Apa daya?"

Sent by: Peter Tan posted on 18 January 2014