Jenderal Mc Arthur dan Presiden Truman

Pada awal tahun 50-an Abad ke-20, Presiden AS waktu itu, Truman, telah menemui Jenderal Mc Arthur. Di sela-sela pertemuan mereka, Jenderal Mc Arthur mengeluarkan pipa tembakaunya, kemudian mengisi pipa itu dengan tembakau rajangan dan meletakkan pipa tersebut di mulutnya, lalu mengeluarkan satu kotak korek api.

Pada waktu ini ia baru berhenti dan berkata kepada Truman: "Sekarang aku hendak menghisap rokok, Anda tentu tak keberatan kan?"

Sudah barang tentu, dalam keadaan demikian, sudah bukan masalah minta pendapat Truman lagi, karena ia pada saat ini sebenarnya sudah selesai mengadakan semua persiapan untuk merokok. Jika Truman berkata keberatan, maka hal ini menunjukkan bahwa Truman orangnya seakan-akan sangat sempit hati dan sewenang-wenang.

Kelakuan Jenderal Mc Arthur yang kurang sopan seperti ini menyebabkan Truman merasa dirinya berada dalam posisi yang serba sulit. Setelah memandang Jenderal Mc Arthur sejenak, Truman kemudian berkata: "Pak Jenderal, Anda mau merokok, ya silahkan! Anda harus mengetahui, asap rokok orang yang terkepul ke mukaku, bagaimana pun jauh lebih banyak daripada asap rokok yang terkepul ke muka seorang Amerika yang mana pun, hehehe..."

Sent by: Peter Tan posted on 18 January 2014