Kisah Koruptor China di Penjara

Seorang pejabat korup Cina karena menerima sejumlah besar uang suap, akhirnya kena jerat hukum perdana dan dijebloskan ke dalam penjara. Sementara itu, anaknya juga ikut kecipratan getahnya, yaitu sesudah lulus dari kuliahnya di universitas, ia tak mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, pada suatu hari saat besuk ke penjara, ia dengan sedih berkeluh-kesah di depan Bapaknya.

Begitu mendengar keluhan anaknya, si pejabat korup itu segera menulis secarik katebelece, kemudian menyuruh anaknya langsung menyerahkannya kepada mantan bawahannya dulu untuk minta bantuan.

Setelah berpikir sejenak, anaknya dengan setengah ragu-ragu menanya: "Ada sebuah peribahasa Mandarin mengatakan: 'Orangnya ada di situ, hatinya orang pun ada; tetapi sesudah orangnya pergi, maka air tehnya juga menjadi dingin.' Bapak sekarang sudah turun dari atas panggung dan tidak mempunyai kekuasaan apa pun lagi, maka itu aku meragukan katebelece ini apakah masih ada gunanya?"

"Sudah tentu masih berguna, kamu tak usah khawatir," kata pejabat korup itu dengan yakin, "dulu, aku menulis katebelece, aku menginginkan siapa menjadi pejabat, maka ia segera menjadi pejabat, sekarang aku menginginkan siapa di antara mereka harus masuk penjara, maka ia juga akan segera datang kemari."

Sent by: Peter Tan posted on 17 January 2014