Naik Kapal dari Raja Ampat ke Jakarta

Sesudah berkeliling di Raja Ampat, seorang wisatawan dari Jakarta menemukan bahwa sisa uang di dalam kantongnya hanya cukup buat membeli selembar tiket kapal untuk pulang lewat Sorong. Naik kapal dari Sorong ke Jakarta memerlukan waktu 4 hari, maka ia memutuskan selama 4 hari di atas kapal ia takkan makan makanan apa pun.

Pagi pertama ia tidak pergi sarapan pagi. Waktunya makan siang, ia tetap bersembunyi di dalam kamarnya, malam harinya pun wisatawan itu menahan lapar di dalam kamar.

Selang 2 hari kemudian, waktunya makan malam segera akan dimulai, perut wisatawan itu laparnya bukan main, ia nampaknya sudah tak tahan lagi. Ia berpikir: "Kali ini aku harus makan, sekalipun sesudah makan nanti mereka melemparkan diriku ke dalam laut, aku juga harus makan."

Waktunya makan malam, ia melahap habis semua makanan yang disuguhkan pelayan kapal di depannya, dan ia juga sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi suatu pertengkaran, termasuk kemungkinan-kemungkinan lainnya.

"Seluruhnya habis berapa? Bawalah tagihannya kemari!" katanya.

"Nggak ada tagihan apa-apa Pak!" jawab pelayan kapal, "Di atas kapal, makan 3 kali sehari, ongkosnya sudah dihitung di dalam tiket kapal."

Sent by: Peter Tan posted on 28 October 2013