Ditolong Karena Cantik

Pada suatu hari, seorang gadis yang cantik parasnya karena tak hati-hati terpeleset masuk ke dalam sebuah parit kota dan awaknya diterjang arus sampai ke tempat lubang jembatan, tetapi untungnya di lubang jembatan itu ada sebuah terali bobrok sehingga pakaian gadis itu tersangkut di situ.

Gadis itu berteriak-teriak minta tolong. Tetapi arus air mengalir sangat deras, dan lagi ketinggian antar bumi dengan parit kira-kira 2 sampai 3 meter, sekalipun orang bisa turun ke parit, namun kemungkinannya untuk merambah naik ke darat sangat sulit. Semua orang mengetahui bahayanya, maka tak ada yang berani dengan gegabah menuruni parit tersebut. Pada saat yang kritis ini, ada seorang anak laki-laki muda dengan berani mati melompat ke dalam parit, kecakapannya dalam berenang termasuk sangat baik, ia dengan cepat menghampiri tempat di mana gadis itu berada dan akhirnya berhasil menyeretnya ke tempat tiang jembatan. Tak lama kemudian, anggota barisan pertolongan datang, kedua anak muda itu akhirnya tertolong dan selamat. Pada waktu itu, para wartawan media berangsur-angsur berdatangan. Seorang wartawan teve menghadang anak laki-laki muda itu dan bertanya: "Arus air sedemikian derasnya, kamu kok berani melompat ke dalam parit untuk menolong gadis yang nahas ini. Apa motifmu?"

Anak muda itu menolehkan kepalanya ke arah si gadis yang justru berada di sampingnya, lalu berkata dengan suara yang lantang: "Aku tak punya motif apapun, hanya karena gadis ini parasnya sangat cantik!" Mendengar jawaban ini orang-orang yang sedang berkerumun di situ pada tertawa terbahak-bahak.

Wartawan menanyanya lebih lanjut: "Apakah kamu tak terpikir saat kamu berbuat demikian sangat berbahaya?"

Anak laki-laki muda itu berkata: "Aku sudah tentu mengetahui sangat berbahaya! Tetapi ia begitu cantik, andaikan diterjang hanyut oleh arus, bukankah sayang sekali!" Kali ini, terdengar suara ketawa massa di sekitarnya lebih besar lagi.

Berita ini kemudian ditayangkan di teve. Ada gambar saat pertolongan sedang dilangsungkan, ada gambar gadis itu menyatakan terima kasih kepada masing-masing penolongnya, tetapi justru tak ditemukan gambar dialog antara wartawan dengan anak muda yang lucu seperti tersebut di atas.

Sent by: Peter Tan posted on 21 August 2013