Tikus Menawari Makanan Curian

Di sebuah rumah petani, seekor tikus keluar dari lubangnya untuk mencari makanan. Dia dengan sigap menemukan sebuah kantong makanan, karena laparnya bukan main, tikus itu tanpa melihatnya lebih lanjut dan tanpa basa-basi segera menerkam makanan tersebut dengan lahapnya.

Pada saat itu seekor anjing datang masuk ke rumah petani itu. Si tikus dengan muka yang ramah dan dengan suara yang rendah berkata kepada sang anjing: "Bang, makanan ini rasanya lezat sekali, mari kita sama-sama berbagi dan menikmatinya."

Anjing itu dengan mata melotot memandang si tikus sejenak, kemudian dengan sekali sergap ia berhasil menjinakkan dan mencekik si tikus di lantai, sambil memaki-maki: "Kamu rupanya sudah bosan hidup ni."

Si tikus coba meronta-ronta sambil mengeluh: "Bang, mencuri sedikit makanan kan bukan masalah besar, Abang mengambil sikap semacam ini jelas sekali sedang mencar-cari urusan."

Mendengar perkataan ini anjing itu dengan senyum kecut berkata: "O, begitu? Coba kamu periksa sekali lagi dengan teliti, yang sedang kamu makan itu apa?"

Sejenak kemudian kedua mata si tikus tiba-tiba terbelalak, dua kata "Pakan Anjing" terpampang jelas di kantong makanan, maka itu ia pun kontan merasa kecewa dan putus asa.

Sent by: Peter Tan posted on 30 June 2012